,

Iklan

Iklan

Kejelasan Bersungguh Sungguh Menurut Kitab Balaghoh, Ini Penjelasannya

SerikatNasional
30 Nov 2021, 09:13 WIB Last Updated 2021-11-30T08:23:53Z


Serikatnasional.id |Kejelasan bersungguh sungguh bagi orang yang senantiasa meringankan beban sesamanya, itu menjadi saksi pada penuhnya kenikmatan. Serta juga mampu menghilangkan beberapa masalah, dalam arti siapa yang menyelesaikan masalah sesamanya maka masalahnya sendiri juga akan selesai.



Tatkala hilang kesungguhan tersebut dari nafsu malakukan kebaikan, maka tidak akan tumbuh budi pekerti yang baik. Bagi orang yang suka berpangku tangan, ia tidak akan bersungguh sungguh dalam tindakannya. Dan baginya ialah sangat sedikit sekali  kemanfaatan yang didapat baik untuknya maupun kepada sesamanya.



Untuk itu berpeganglah selalu pada kejelasan petunjuk beberapa guru yang membimbing, yang memudahkan kita pada berjalannya pekerti yang kuat. Dan juga mengajarkan untuk menerima kesusahan dengan tangan terbuka secara keseluruhannya, pada sisi guru yang bagus ucapannya.



Barangsiapa yang berani mengambil sikap segera bertindak, itu akan menjadi sumber tali pengikat kepada munculnya keluhuran sesudah menerima ujian.



Kyai Mushonnif melepaskan pada belenggu kurangnya pengetahuan yang menjadikan orang kepada munculnya  merasa berlebihan (keakuan).  Serta menyimpan kepada menuruti hawa nafsu yang tidak baik yang akan menjerumuskan pada kegagalan. 



Dan janganlah bersikap kasar kita semua kepada orang yang mempunyai tujuan tertentu. Karena dengan sikap yang ramah akan menjadi balasan keramahan orang lain pada kita, tatkala takut pada perkara yang sudah dijanjikan Allah. (Sumber: Kitab Balaghoh Ponpes Khomsani Nur, Atz).

RECENT POSTS