,

Iklan

Iklan

Gelar PPAB Akbar, GMNI Samarinda Kukuhkan Puluhan Kader Baru

SerikatNasional
1 Nov 2021, 14:17 WIB Last Updated 2021-11-01T16:07:59Z


Samarinda-SerikatNasional.id| Dewan Pimpinan Cabang Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (DPC GMNI) Kota Samarinda kembali menggelar Pekan Penerimaan Anggota Baru (PPAB) yang dilaksanakan di Gedung IKA Universitas Mulawarman (Unmul) Kelurahan Gunung Kelua, Kota Samarinda.



Kegiatan yang digelar sejak,Sabtu 30 Oktober sampai 31 Oktober 2021 itu diikuti oleh puluhan kader yang diutus dari sejumlah komisariat yang ada.



Ketua panitia pelaksana, Sarinah Febby Mengatakan kegiatan tersebut telah dilakukan persiapan sejak awal bulan Oktober sehingga akhirnya bisa laksanakan dengan diikuti oleh puluhan kader baru dari kampus yang ada di Kota Samarinda.



"Kemarin kami mulai perekrutan itu sekitar awal bulan Oktober sekaligus membuka pendaftaran kepada mahasiswa yang ingin bergabung dalam GMNI," Kata Sarinah Febby sapaan akrabnya.



Ia menerangkan, untuk beberapa kader yang tidak sempat ikut dalam kegiatan ini akan dilaksanakan kegiatan PPAB lagi yang diagendakan oleh komisariat yang ada.



"Ada beberapa yang sudah mendaftar tapi tidak hadir karena posisinya masih di kampung, jadi nanti akan diagendakan lagi sehingga mereka bisa ikut," ujarnya.



Sarinah Febby mengaku, dari puluhan kader yang mengikuti kegiatan PPAB tersebut sangat antusias dan hal itu dibuktikan dengan keaktifan mereka dalam menyampaikan pendapat saat mengikuti kegiatan selama dua hari.



"Kalau dilihat dari antusias peserta ini luar biasa dengan banyaknya mereka memberikan pertanyaan serta dalam menyampaikan pendapat itu mereka sangat aktif sehingga materi juga dapat disampaikan dengan baik kepada mereka," imbuhnya.



Dalam kegiatan ini, lanjutnya, ada enam materi dasar GMNI yang disampaikan yakni di hari pertama ada materi.



Ke GMNI an, Nasionalisme kemudian Manajemen Organisasi dan Kepemimpinan, Kemudian hari kedua ada materi Kesarinahan, Agitasi dan Propaganda dan terakhir Materi tentang Marhaenisme.



"Jadi keenam materi itu hanya dasarnya saja yang disampaikan nanti akan ditindaklanjuti di kegiatan berikutnya yakni KTD," bebernya.



Sementara ketua DPC GMNI Samarinda, Bung Ricardo menambahkan kegiatan tersebut juga menjadi momentum dalam penyambutan mahasiswa baru di semua kampus yang di Kota Samarinda sehingga diikuti sertakan dalam kegiatan PPAB GMNI.



Di GMNI, kata Richardo, akan belajar tentang Nasionalisme tentang wawasan kebangsaan serta belajar tentang memperjuangkan hak rakyat.



"Jadi di GMNI ini juga tidak memandang perbedaan suku, agama atau apapun itu, semua boleh bergabung di GMNI," seruhnya.



Mahasiswa Fisip Unmul ini berharap kepada seluruh kader yang mengikuti kegiatan PPAB tersebut agar mampu membangun wacana ideologis di kampus masing-masing melalui agenda komisariat.



Hal tersebut sangat penting, sehingga GMNI Samarinda kedepannya menjadi yang terdepan dalam mengkawal persoalan-persoalan kerakyatan di Kaltim khususnya yang ada di Samarinda.



"Karena di GMNI bagaimana kita mencapai kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia," tuturnya.



"Setelah ini kita akan melakukan kegiatan diskusi sekaligus mendalami lagi materi yang telah disampaikan terutama tentang buah pemikiran bung Karno serta doktrin ideologis," sambungnya.



Ia pun berpesan kepada seluruh mahasiswa baru yang ada di Kota Samarinda agar sebisa mungkin ikut serta dalam Organisasi khususnya di GMNI.



"Karena mahasiswa dan organisasi itu satu hal yang tidak dapat dipisahkan, mahasiswa harus berpikir kritis dan aktif dalam menjalankan tri darma perguruan tinggi terutama pengabdian kepada masyarakat," pungkasnya.


Reporter: Iswanto

RECENT POSTS