,

Iklan

Iklan

Cara Bersyukur Menurut Kitab Balaghoh, Simak Penjabarannya

SerikatNasional
21 Nov 2021, 18:46 WIB Last Updated 2021-11-21T11:47:48Z


SERIKATNASIONAL.ID|Kemurahan Allah yang disyariatkan melalui WahyuNya kepada Rosulullah itu  menjadikan luhur orang yang bisa mengamalkannya, sesudah ia bertemu Sifat Syukur. Dan tidak akan bisa tenang orang yang jauh dari bimbingan gurunya, karena sulit bagi orang  untuk bersyukur jika ia mempunyai keakuan. Serta tidaklah sulit bersyukur bagi orang yang taat dengan banyak memuliakan dan menjadi wakil dari guru pembimbingnya.



Barangsiapa yang tidak pernah menunda amalannya, maka akan banyak terlihat sifat kebaikannya. Maka sesungguhnya tunduk kepada beberapa dosa itu akan menjadikan was was (gagal) bagi orang yang ingin mencapai kesuksesan. 



Tatkala orang orang yang ahli qurro'( membaca kitab) dengan tanpa mengambil pelajaran dari beberapa ayatnya dan menyimpan ilmunya. Pasti mereka senantiasa akan mengalami kerugian karena  meninggalkan beberapa ibadah yang sangat utama. 



Janganlah menyampaikan sesuatu kabar yang masih belum jelas dengan memberitahukan perkara yang  belum saatnya. Dan janganlah pernah dikuasai oleh hawa nafsu, supaya tidak hilang cahaya ilmu pada hati kalian semua sampai batas waktunya.



Kyai Mushonnif selalu  memenuhi panggilan sebelum mendengarkan perkataan beberapa temannya dan perkataan beberapa makhluq. Tidak lain ialah karena mengumpulkan pedoman (perkataan) itu membuat seseorang bisa mengerti kepada beberapa hatinya orang orang yang machabbah (cinta). (Sumber: Kitab Balaghoh Ponpes Khomsani Nur, Atz).

RECENT POSTS