,

Iklan

Iklan

Profil Kampus Stidar Sumenep Madura Jawa Timur

SerikatNasional
28 Agu 2021, 17:20 WIB Last Updated 2021-08-28T10:49:54Z


JATIM, SerikatNasional.id|Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah Raudlatul Iman resmi berdiri 10 Oktober 2014 dan merupakan perguruan tinggi Islam termuda di Sumenep Madura. Sebenarnya, sejak tanggal 2010, di Raudlatul Iman sudah berdiri Sekolah Tinggi sebagai cabang Sekolah Tinggi Islam Al-Karimiyyah. Perguruan tinggi inilah merupakan cikal bakal lahirnya Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah Raudlatul Iman.


Menengok ke belakang, ternyata berdirinya Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah Raudlatul Iman merupakan wujud kerinduan masyarakat Gadu Barat Ganding Sumenep akan adanya Perguruan Tinggi di daerah ini. Pada tanggal 22 Agustus 2014 bertempat di Bataal Barat Ganding oleh Pengasuh Pondok Pesantren Raudlatul Iman, para tokoh pendidikan, para pejabat dan pemuka masyarakat diselenggarakan pertemuan yang dipimpin KH. Sitrul Arsyih, MM, dibantu K. Sahli Hamid, M.Pd.I untuk membahas langkah-langkah persiapan pendirian Perguruan Tinggi. Pada pertemuan tersebut dibentuk formatur yang diketuai oleh KH. Hafid Syukri, MM.


Formatur membentuk Panitia, kemudian berhasil membentuk Panitia Persiapan Pendirian Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah Raudlatul Iman yang diketuai oleh K. Junaidi, M.Pd.I, yang kemudian disahkan dengan Surat Keputusan Ketua Umum Yayasan Perguruan Tinggi Raudlatul Iman Nomor 04/SK/YASPIRI/IX/2014 tanggal 01 September 2014.


Panitia Persiapan kemudian menjajagi hal-hal berhubungan dengan pendirian Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah Raudlatul Iman dengan mengadakan rapat pertama kali tanggal 21 September 2014. Melihat kemampuan sumber daya manusia maupun fasilitas yang ada di Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah Raudlatul Iman, dan dari hasil studi kelayakan serta memperhatikan kebutuhan masyarakat, Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah Raudlatul Iman kemudian menyusun proposal pendirian STIDAR dengan dua prodi yaitu Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) dan Bimbingan Konseling Islam (BKI) pada Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia dan mendapat SK Izin Operasional Nomor 4647 tanggal 25 Agustus 2016.


Visi

Menjadi Perguruan Tinggi yang bermutu, berdaya saing dan berperadaban berlandaskan nilai-nilai Islam demi terwujudnya masyarakat madani (Ulul Albab).


Misi

Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang bermutu secara teori ataupun praktik berlandaskan nilai-nilai Islam yang beraliran Ahl al-Sunnah wa al-Jama’ah


Melaksanakan penelitian yang berfokus pada pengembangan masyarakat dan pengkajian konseling Islam berlandaskan nilai-nilai Islam yang beraliran Ahl al-Sunnah wa al-Jama’ah


Melakukan pengabdian kepada masyarakat dalam pengembangan masyarakat dan pengkajian konseling Islam berlandaskan nilai-nilai Islam yang beraliran Ahl al-Sunnah wa al-Jama’ah


Memperluas jaringan kerja sama yang berkelanjutan dengan berbagai pihak baik sesama perguruan tinggi atau non perguruan tinggi dalam upayan peningkatan pengembangan masyarakat dan pengkajian konseling berlandaskan nilai-nilai Islam yang beraliran Ahl al-Sunnah wa al-Jama’ah.


Tujuan

Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah Raudlatul Iman (STIDAR) Ganding Sumenep bertujuan:

a. Tujuan Umum

(1). Membantu pemerintah dalam usahanya mencerdaskan kehidupan bangsa

(2). Membentuk generasi bangsa yang professional, mempunyai kemampuan keilmuan serta beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa.

b. Tujuan Khusus

(1). Membentuk sarjana Dakwah Islamiyah yang profesional, berilmu amaliah yang beramal ilmiah.

(2). Membentuk da’i-da’i yang professional sesuai dengan bidangnya yang mampu menggali, mempelajari dan mengamalkannya kepada umat.

(3). Memiliki semangat perjuangan yang tinggi untuk mengaplikasikan nilai-nilai ajaran Islam dalam kehidupan beragama, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

RECENT POSTS