,

Iklan

Iklan

Hanan : Revitalisasi Pasar Anyar Langkah Tepat ditengah Kondisi Pasar Yang Telah Termakan Usia

SerikatNasional
13 Sep 2023, 19:05 WIB Last Updated 2023-09-13T12:05:11Z


Tangerang (Serikat),– Berdiri sejak 1985 Pasar Anyar Kota Tangerang  hingga kini menjadi salah satu denyut nadi perekonomian masyarakat. Namun keberadaan bangunannya terus digerus oleh waktu, kenyamanan pembeli dan pedagang penting diperhatikan.


Maka, sejak 2019 silam  Wali Kota telah berkoordinasi dengan Kementerian PUPR meminta agar dapat membantu dan mendukung Pemkot Tangerang dalam rangka revitalisasi kawasan Pasar Anyar.


"Kami ajukan konsep baru dimana di dalamnya tidak hanya pasar basah namun ditunjang dengan fasilitas lain seperti mall pelayanan publik dan kedepannya menjadi tujuan baru wisata belanja” jelas Arief R. Wismansyah Wali Kota Tangerang.


“Untuk pembangunan fisik kami minta dibantu oleh Kementerian PUPR, dan sebagian akan dikerjakan oleh Pemkot Tangerang dengan biaya APBD.” sambungnya.


Terkait itu, Direktur Prasarana Strategis Kementerian PUPR, Ir. Esi Esiah menyampaikan bahwa Proyek Revitalisasi Pasar Anyar yang akan dilaksanakan oleh Pemerintah Pusat akan segera dimulai pada semester kedua tahun 2023.


Diperkirakan proyek pembangunan Pasar Anyar tersebut bisa dirampungkan pada semester pertama tahun 2024. Sehingga lanjutnya, proses pembangunannya tidak memakan waktu lama dan Pasar Anyar bisa kembali beroperasi seperti biasa.


Dr. Muhamad Hanan Rahmadi, S.Sos., M.Si pengamat kebijakan publik dari Universitas Moestopo Beragama menuturkan, bahwasannya  revitalisasi pasar Anyar merupakan langkah tepat ditengah kondisi pasar yang telah termakan usia.


“Revitalisasi pasar Anyar itu saya kira sudah tepat, karena kita lihat kondisi pasar Anyar saat ini bisa dikatakan kurang layak kurang baik untuk para pedagang maupun para pembeli apalagi di seputar kota Tangerang, Tangsel dan kabupaten sudah banyak pasar modern,”ujarnya Rabu 13 September 2023.


Hanan yang maju di Pileg kota Tangerang dari PDIP Kota Tangerang di Dapil 4 ini mengapresiasi pada konsep revitalisasi pasar Anyar yang akan menghadirkan pelayanan terpadu serta konsep pariwisata. Tidak hanya itu, ketersedian fasilitas terintegrasi dengan moda transportasi lainnya menjadi nilai lebih dari program revitalisasi pasar Anyar itu.


“Sangat bagus jika sudah akan terintegrasi moda transportasi publik itu bisa semakin memudahkan masyarakat mengakses ke pasar tersebut, dan mungkin bukan masyarakat kota Tangerang, dari luar kota Tangerang juga tertarik misal dari Tangsel, Kabupaten Tangerang, Jakbar mereka jadi tertarik datang ke pasar anyar,”pungkas Hanan.


(D.Wahyudi)

RECENT POSTS