,

Iklan

Iklan

Menghormati Adat Setempat, Satgas Yonif RK 115/ML Adakan Acara Bakar Batu Memperingati HUT RI Ke -78 Di Kampung Yambi

SerikatNasional
23 Agu 2023, 10:23 WIB Last Updated 2023-08-23T03:23:20Z

 


PAPUA (Serikat) - Dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI Ke-78, personel Satgas Yonif RK 115/ML dari Pos Ramil Yambi mengadakan acara Bakar Batu  78 ekor ayam yang melambangkan tahun kemerdekaan bangsa Indonesia. Acara tersebut diselenggarakan di Kampung Yambi bersama dengan Masyarakat Kampung Yambi, Kampung Tinolok, Kampung Illuage dan Kampung Ginigom, Distrik Yambi. Rabu (23/8/2023).



Adapun rangkaian acara diawali dengan upacara penghormatan bendera merah putih, pembacaaan teks proklamasi, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan membacakan teks Pancasila.


Setelah melaksanakan upacara, dilanjutkan dengan perlombaan anak-anak berupa lomba makan kerupuk, lomba balap kelereng, lomba memasukkan paku ke dalam botol dan lomba memindahkan air ke dalam botol.


Selama kegiatan perlombaan berlangsung, personel dari Pos Ramil Yambi melaksanakan kegiatan bakar batu bersama masyarakat, di mana kegiatan tersebut merupakan salah satu adat istiadat masyarakat setempat. 


Adapun tujuan diadakannya acara bakar batu tersebut, adalah untuk menunjukkan kepada masyarakat, bahwa TNI selalu menjunjung dan menghormati adat istiadat setempat di manapun bertugas. Sekaligus untuk mempererat hubungan dengan masyarakat.


Acara tersebut dihadiri oleh +_ 200 org masyarakat dan turut hadir beberapa tokoh Masyarakat, diantaranya Sekretaris Desa Bapak Nebek Telenggen, Bapak Gembala Eton Yoman, Ondo Afi Bapak Fillius Telenggen dan Tokoh Masyarakat Kampung Yambi Sdr. Aibon Telenggen. Masyarakat yang hadir terlihat sangat antusias dan semangat dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI Ke-78 di Pos Ramil Yambi.


Pada kesempatan tersebut, Bapak Ondo Afi menyampaikan kesannya yaitu “ Acara lomba dan Bakar Batu seperti ini baru pertama kali dilaksanakan oleh Pos Satgas. Kami Masyarakat sangat senang, terutama anak-anak, Saya mewakili Masyarakat mengucapkan banyak terima kasih kepada bapak Danpos dan Wadanpos karena dengan kegiatan seperti ini, Masyarakat bisa merasakan kegembiraan di hari peringatan kemerdekaan RI Ke-78, Kami juga merasa terayomi dengan kehadiran Bapak TNI di Kampung Yambi dan bisa menciptakan rasa kekeluargaan dan kerukunan, wa..wa..wa..kaonak.” Demikian tutupnya.


Danpos Ramil Yambi Letda Inf Hadi Priyono menyampaikan rasa terima kasih kepada Masyarakat yang sudah hadir dan ikut memeriahkan acara perlombaan.


“ Terima kasih kepada seluruh Masyarakat yang sudah hadir dalam acara yang kami adakan, semoga melalui kegiatan ini semakin meningkatkan rasa Nasionalisme dan cinta tanah air terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dan Kita bersama-sama menjaga keamanan di Papua, khususnya di Kampung Yambi.” Tutur Danpos.

RECENT POSTS