,

Iklan

Iklan

Tim PEMETAS dan Lidinews Terjun ke Kebun Pak Marhaen Cirangkong

@SerikatNasional
29 Mei 2023, 08:16 WIB Last Updated 2023-05-29T01:16:44Z


SUBANG - Pertanian merupakan sebagian besar sumber ekonomi di Desa Cirangkong, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Salah satu komoditi pertanian tersebut adalah Buah Nanas yang di tanam dan di rawat oleh Pak Andi, Pak Marhaen dari Desa Cirangkong.


Setelah observasi, Tim Pelopor Masyarakat Tertindas (PEMETAS) terjun langsung ke kebun nanas, yang di tanam dan di rawat oleh Pak Marhaen dari Cirangkong. 


Diperjalanan, Tim PEMETAS, yang terdiri dari Bung Arjun Munthe, Bung Marianus Krisanto, Bung Ali Muddin, Bung Muhammad Zidan Nurkahfi, jalan bersama Pak Andi menuju Kebun. Pak Andi menjelaskan, bahwa nanas yang ia tanami mencapai 5 - 7 ton setiap panen. 



"Sekali panen, bisa banyak. Biasanya 5 ton sampai ke 7 ton, setelah di panen, dijemput langsung sama pengepul," ujar Pak Andi.


Pelopor Masyarakat Tertindas dan Tim Lidinews berbincang bincang dengan Pak Marhaen selama perjalanan hingga sampai di kebun Nanas Pak Marhaen Cirangkong.


Setiap hari, Pak Marhaen mesti ke kebun jalan kaki dengan jarak berkisar 1 KM sendirian. Kebetulan hari ini, Pak Marhaen ngarit, membersihkan rerumputan yang tumbuh di sekitaran batang nanas.



"Nanasnya bisa panen dua kali dalam setahun. Jadi, setiap panen duitnya itu sekitar Rp 11.000.000 an," ucap Pak Andi, Marhaen Cirangkong kepada Tim Lidinews.


Sembari Berbincang - bincang dengan Pak Marhaen, seluruh tim turut membantu Pak Marhaen Cirangkong ngarit di Kebun Nanas yang cukup luas untuk Pak Marhaen Sendiri.


"Ya begini setiap hari, yang namamya petani ya begini. Engga bisa berbuat banyak," pungkas Pak Marhaen kepada Tim PEMETAS dan Tim Lidinews sebelum memulai ngarit. (Tim/Red) 

RECENT POSTS