,

Iklan

Iklan

GMNI Uniba Kuatkan Pemikiran Kerakyatan Lewat Nobar Film Sokola Rimba

@SerikatNasional
31 Okt 2022, 19:49 WIB Last Updated 2022-10-31T12:49:22Z

Dalam rangka mengingati hari sumpah pemuda,  Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia Komisariat UNIBA menggelar kegiatan nonton bareng dan diskusi (NOBARDIS) film Sokola Rimba karya Miles Film, Minggu (30/11) malam.


Film yang berdurasi 90 menit ini menceritakan tentang bagaimana perjalanan seorang perempuan yang bernama Butet Manurung dalam membangun sekolah untuk masyarakat pedalaman di Hutan Bukit Dua Belas, Jambi. 


Melalui peranan Butet ini kita digambarkan tentang betapa besar pengaruh dari kontribusi generasi muda dalam melakukan perubahan bagi masyarakat. Sebab dibeberapa daerah lain dengan masih terdapatnya kesulitan di bidang ekonomi, sosial dan kultural. Masih terdapat kelompok-kelompok atau perkumpulan pemuda yang justru menjadi garda terdepan untuk membangun perubahan di daerah.


Maha Sakti Esa Jaya selaku ketua komisariat mengatakan, NOBARDIS ini diselenggarakan dengan tujuan untuk dapat melakukan refleksi kritis terhadap kontekstualisasi peran generasi muda dalam ruang pembangunan ketahanan bangsa, sekaligus membangun kesadaran baru dalam benak generasi muda yang terlibat dalam kegiatan NOBARDIS tersebut.


"Melalui film Sokola Rimba, kita telah disajikan beragam realitas konflik yang hidup ditengah-tengah masyarakat. Sebagai generasi muda hendaknya kita peka atas konflik-konflik yang ada, hal ini di tujukan agar peran pengabdian di masyakat dalam menyelesaikan konflik-konflik yang ada dapat dilakukan oleh seluruh pemuda." katanya.


Pada film tersebut juga membuka mata kita akan betapa kompleksnya konflik yang dihadapin masyarakat dengan unsur-unsur konflik yang lebar luas dan terkait satu sama lain. Mulai dari kepercayaan, ras, suku, dan lain-lain.


Kegiatan nonton bareng dan diskusi yang diadakan di Cafe De Teras ini dihadiri oleh anggota, kader serta mahasiswa yang berasal dari kampus UNIBA. Dengan mengaitkan kondisi saat ini dimana para generasi muda sedang di hadapkan pada tantangan yang besar, perlu adanya penguatan rasa nasionalisme kembali agar dapat meningkatkan kepedulian dan rasa tanggung jawab yang sangat besar dalam pembangunan nasional. 


Sebenarnya permasalahan sosial saat ini sangat erat kaitannya dengan aspek ekonomi, kultur, dan sosial. Sehingga para generasi muda sebagai jiwa-jiwa muda haruslah ikut memberikan uluran tangan serta turut andil dalam melakukan gerakan sosial. Oleh karena itu, generasi muda harus menjadi garda terdepan yang diharapkan mampu mendorong serta mempelopori terjadinya pembaharuan dalam lingkup sosial


Kemudian selepas menonton film, Maha menambahkan, ditengah kondisi masyarakat yang mengalami penghisapan, kepedulian mahasiswa serta kaum muda lainnya di Indonesia terhadap realitas sosial menjadi salah satu faktor pendorong untuk lahirnya gerakan baru dari kaum muda yang saat ini sebagai pelanjut dari estafet pembangunan bangsa.


(Tim/Red)

RECENT POSTS