,

Iklan

Iklan

HAUL BUJHU' TAMBHA' ; Pengajian metode praktis belajar agama

SerikatNasional
14 Agu 2022, 07:26 WIB Last Updated 2022-08-15T04:57:57Z



Penulis: Miftahul Arifin

SUMENEP - Haul merupakan refleksi mengingat, berhubungan secara religius dengan sesepuh yang sudah meninggal yang biasanya diisi dengan pengajian umum keagamaan. 


Pengajian merupakan bagian dari dakwah keagamaan yang sudah dilakukan sejak dulu oleh tokoh-tokoh agama, pengajian dilakukan dengan usaha mengajak, membina atau pun merawat aspek-aspek keagamaan yang menjadi praktek keruhanian dan keyakinan masyarakat beragama supaya memperoleh kebahagian dunia dan akhirat.


Ada beberapa bentuk pengajian namun pada ranah ini merupakan pengajian umum yang sering dijadikan objek adalah masyarakat beragama terutama bapak-bapak dan ibu-ibu akan tetapi tidak menolak anak muda ataupun santri dalam pengajian umum. Alasan objek utama karena terbatasnya waktu bagi kalangan masyarakat untuk belajar agama, kalau tidak dengan pengajian mereka terlalu sempit untuk belajar agama yang dalam kegiatan hari-hari mereka sangat haus ilmu agama. 


Umumnya belajar agama dilalui oleh anak-anak muda yang masih memiliki jenjang pendidikan dari umur 5  sampai 25 tahun. Dan itu tidak sepenuhnya ilmu agama dapat dikonsumsi dari berbagai tingkatan, maka dari itu agama tidak menutup diri untuk dipelajari dari berbagai usia bahkan yang sudah memiliki tuntutan untuk mendidik anak dengan mengorbankan waktunya  untuk mengurus ekonomi keluarga. Agama tetap membuka diri untuk diserap oleh kalangan bapak-ibu dan lebih praktis yaitu dengan metode pengajian umum keagamaan.


Sedang isi dari pengajian umumnya berisi ajaran-ajaran agama dan penjelasannya seperti akidah, tauhid, muamalah dan sosio-kemasyarakatan. Sehingga dalam sosiokultural ini menjadi nilai praktik kehidupan yang lebih baik dan mampu mendominasi gaya  yang berimbang antara kegiatan ekonomi  dan perjalanan keruhanian masyarakat. Maka dari itu agama bagi pemeluknya mengambil alih fungsi ekonomi yang mampu membawa pada kehidupan yang lebih baik.

RECENT POSTS