,

Iklan

Iklan

Ziarah Kubur, Sebagian Kecil Momentum Menjadi Anak yang Sholeh

SerikatNasional
11 Feb 2022, 18:38 WIB Last Updated 2022-02-12T01:20:37Z

SUMENEP - Ziarah kubur adalah aktivitas yang diperbolehkan di dalam Islam. Umat Islam dari kalangan nahdiyin pun menjalankannya demi mengingat kematian serta ajang untuk mendoakan keluarga yang telah meninggal dunia.


Tidak ada aktivitas lain ketika ziarah kubur selain berdoa dan bersih-bersih sekitar kuburan. Ini sebentuk penhargaan kepada keluarga yang telah almarhum disebabkan pengorbanannya mendidik dan merawat di masa hidupnya.


Di dalam Islam, seluruh amal orang yang meninggal akan terputus selain 3 hal yang salah satunya doa anak yang sholeh dan sholeha. Doa ini yang akan terus mengalir kepada orang tua yang telah menjadi jenazah.


Ziarah kubur bisa menjadi sebagian kecil momentum diri ini untuk menjadi anak yang soleh. Minimal ada doa berkelindan di samping kuburan keluarga di antara doa-doa yang dipanjatkan dari rumah keluarga yang masih hidup masing-masing.


Mungkin orang tua, kakek, nenek, saudara dan keluarga yang lain telah meninggal dunia. Namun sejatinya mereka masih hidup di sisi Allah dan sedang menanti doa-doa dari keluarganya. Semoga doa yang dipanjatkan menjadikan mereka mendapatkan panggilan Allah, "Wahai jiwa-jiwa yang Tenang".


Amin ya Robbal Alamin


(Ags)

RECENT POSTS