,

Iklan

Iklan

Peran Media Massa Jelang Pemilu 2024

SerikatNasional
4 Des 2023, 08:51 WIB Last Updated 2023-12-04T15:55:28Z


Opini (Serikatnasional.id),- Peranan Media massa jelang Pemilu 2024 sebagai lapak informasi yang akurat dan teruji,  memudahkan masyarakat menentukan pilihan, penggunaan hak suaranya dengan baik. Dengan begitu, kelestarian nilai demokrasi tetap kokoh ditengah perjalanan Indonesia yang terus berkembang. 


Keterlibatan seluruh lapisan masyarakat mengawasi keberlangsungan Pemilu 2024 yang sebentar lagi akan di gelar sangat urgent sekali. Terlebih, dalam menentukan masa depan bangsa ini membutuhkan peranan penting dari pelaku media.  Beragamnya informasi dari berbagai sudut pandang, maka kehadiran media menjadi tolak ukur yang elegan. 


Media massa menjadi pedoman dan pojok informasi bagi masyarakat yang terukur dan teruji jelang Pemilu 2024 mendatang. Diperlukan netralitas bagi setiap pelaku media massa itu sendiri untuk tetap kokoh dan ikut serta menjadi pondasi terdepan dalam menyampaikan informasi. 


Dalam menyelesaikan informasi, pelaku media massa sesuai dengan aturan jurnalistiknya perlu berpartisipasi dalam konteks penyampaian informasi yang memenuhi beberapa unsur kepenulisan. Baik menyampaikan informasi melalui televisi, koran, ataupun melalui berita online. 


Pembawa informasi atau pers sebagai wahana komunikasi massa, penyebar informasi, dan pembentuk opini harus dapat melaksanakan asas, fungsi, hak, kewajiban, serta perannya dengan baik berdasarkan kemerdekaan pers yang profesional, sehingga nantinya bagi yang menjalankan tugas sesuai Undang-Undang pers harus mendapat jaminan dan perlindungan hukum, serta bebas dari campur tangan dan paksaan dari pihak manapun. 


Pada kalangan pelaku media atau penyampai informasi, rumus 5W+1H merupakan inti dalam penyusunan berita atau informasi pada halayak. Untuk diketahui 5W+1H  ini diambil dari kata-kata tanya dalam bahasa Inggris seperti, What, Who, When, Why, Where, dan How. Dalam bahasa Indonesia kata-kata tanya tersebut adalah Apa, Siapa, Kapan, Mengapa, Di mana, dan Bagaimana.


Apabila dalam penyampaian informasi sudah memenuhi unsur 5W+1H maka dapat dipastikan informasi yang diberikan kepada halayak bisa akuratakurat, tidak menimbulkan keraguan dan tidak melahirkan pertanyaan lagi. Sehingga warga Negara bisa mengambil keputusan yang tepat dalam memilih pemimpin yang dikehendaki di Pemilu 2024 mendatang atas dasar informasi yang diperoleh dari surat kabar. 


Pemberitaan serentetan mekanisme Pemilu, kampanye, visi-misi calon baik DPD, DPRD, DPR RI hingga Pemilihan Kepala Negara perlu dukungan informasi dari pelaku media massa sebagai penunjang dan gambaran untuk menuju keberhasilan dalam penyelenggaraan Pemilu dari berbagai elemen. 


Dengan informasi yang baik, nantinya akan mampu mendongkrak minat masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya. Sehingga partisipasinya pada Pemilu 2024 bisa menentukan kemenangan itu sendiri dan terciptanya nilai-nilai luhur demokrasi. 


Penulis : Imam Rasyidi, S. Sos,. 

CEO       : Media Serikatnasional.id











RECENT POSTS