,

Iklan

Iklan

YBM PLN Sukses Gelar Kegiatan Talkshow, Ketua DPRD Sumbawa Abdul Rafiq Beri Apresiasi

@SerikatNasional
29 Mar 2022, 21:55 WIB Last Updated 2022-03-29T14:57:12Z


SUMBAWA BESAR - Yayasan Baitul Mal (YBM) PLN Dompet Duafa sukses gelar kegiatan Talkshow Pariwisata Sumbawa dan Roadshow Ekowisata Semongkat di Taman Lestari Semongkat Desa Kelungkung Kecamatan Batulanteh Kabupaten Sumbawa pada, Senin (28/03/2022) pagi. Kegiatan Talkshow dan Roadshow di pandu oleh Arief Rahzen, M. Sos dan Kristijuwati, S.P.


Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumbawa, Abdul Rafiq, S.H, Perwakilan Asosiasi Travel Agent (ASITA) Kab. Sumbawa, Herry Hermanan dan Ketua Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kab. Sumbawa, Takwa Sajidin.


Untuk diketahui, air kolam renang Wisata Alam Semongkat berasal dari sungai setempat tanpa menggunakan pipa. Karena pengelola mengarahkan air melalui kanal.



Selain itu, kolam renang yang nyaman, Wisata Alam Semongkat juga dikenal sebagai tempat relaksasi dan tersedia bruga atau bungalow tradisional yang berada di sekitar kolam renang.


Ketua DPRD Kab. Sumbawa, Abdul Rafiq, S.H. sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh sahabat-sahabat dari YBM PLN.


Ia juga menyampaikan, agar Wisata Semongkat perlu dikemas agar lebih menarik bagi wisatawan. Apalagi kedepan akan ada event Internasional MGXP Samota yang akan di gelar di Sumbawa. 


"Tidak menutup kemungkinan para wisatawan dari luar Negeri akan berkunjung menikmati panorama alam Wisata Alam Semongkat," ucapnya.



Lanjutnya, agar Wisata Semongkat tetap menarik minat wisatawan, tentu perlu kerjasama yang kuat antar masyarakat lokal dalam menjaga dan merawat lingkungan baik soal rasa dan standar yang tinggi.


 "Jika standar pelayanan tinggi terhadap pengunjung maka secara otomatis para wisatawan agar semakin bersemangat untuk menghabiskan masa liburan di Wisata Semongkat," jelasnya.


"Selain itu, kami siap mensupport rencana pengelolaan Wisata Semongkat kedepan," ucap ketua DPRD Sumbawa.


Dikesempatan yang sama, ketua HPI Sumbawa, Takwa Sajidin, Wisata Alam Semongkat perlu adanya pengelolaan khusus, agar Wisata Alam Semongkat semakin dikenal dan diminati wisatawan domestik tourist (wisatawan dalam negeri) ataupun wisatawan mancanegara (asing). 



"Perlu adanya hospitality, industri travel, dan lain-lain," jelasnya.


Perwakilan ASITA Sumbawa, Harry Hermanan, menyarankan agar lebih menjaga kelestarian alam dan melengkapi fasilitas yang dibutuhkan oleh para wisatawan. 


Host, Arief Rahzen, M. Sos menyampaikan, Kab. Sumbawa tidak pernah kehabisan tempat liburan bagi para wisatawan. Pasalnya kawasan wisata di Sumbawa terdiri dari berbagai lokasi dan jenis wisata, salah satunya kawasan Wisata Semongkat yang cukup tekenal dengan panoramanya yang sangat sejuk dan sangat cocok bagi wisatawan yang ingin menghabiskan masa liburan di alam.


"Kebanyakan pengunjung dari luar daerah juga memilihnya sebagai tujuan terbaik untuk mengabiskan musim panas," jelasnya.


Host, Kristijuwati, S.P menambahkan, wisatawan yang  berkunjung ke wisata semongkat cukup nyaman dijadikan tempat bersantai dan menyatukan diri dengan alam yang begitu sejuk.



"Dalam hal nuansa, Wisata Semongkat tersedia fasilitas yang nyaman digunakan oleh para wisatawan yang ingin berkunjung. Karena di Wisata Semongkat juga tersedia kolam renang," ucap host Kristijuwati.


"Belum lagi suasana pedesaan yang terasa begitu menyengarkan. Untuk panorama, wisatawan dapat melihat perbukitan, pegunungan, pepohonan yang rimbun dan lain-lain," ucapnya. (hamran)

RECENT POSTS