,

Iklan

Iklan

Peran Anak Muda Dalam Dunia Pariwisata

@SerikatNasional
27 Mar 2022, 21:04 WIB Last Updated 2022-03-27T14:04:52Z


Pariwisata adalah suatu perjalanan yang dilakukan oleh seorang dengan tujuan untuk mencari hiburan, pengalaman (experience) dan berbisnis.  Dalam era globalisasi saat ini sector  pariwisata menjadi salah satu industry terbesar dan terkuat  di dunia. Hal ini dilihat dari pemasukan pendapatan  terutama dalam hal perekonomian masyarakat dan Negara. 


Kegiatan pariwisata sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat. Secara luas dunia pariwisata dipandang sebagai kegiatan yang mempunyai multidensial  dari rangkaian suatu proses pembangunan. Pembangunan sector pariwisata menyangkut aspek sosial,  budaya, ekonomi dan politik (Spilane 1987:14). 


Oleh karena itu, berbagai kemampuan dasar  perlu dimiliki  setiap lulusan  agar mampu bersaing dalam dunia usaha dan dunia industry. Kemampuan dasar yang dimaksud  antara lain pengetahuan (Knowledge), keterampilan (skill), sikap atau (attitude).


Wisata budaya, Indonesia tidak hanya memiliki keindahan alam tetapi budaya sebagai potensi utama, budaya juga sebagai potensi wisata seperti tarian caci, tarian rangkuk alu, dan kebiasaan-kebiasaan masyarakat khususnya masyarakat Manggarai. Hal ini budaya merupakan  bagian dari pariwisata.


Pariwisata ekonomi telah memberdayakan masyarakat. Pemerintah telah  mengakui potensi kemajuan di bidang  ekonomi  oleh industry pariwisata yang paling menakjubkan  menjadi taman wisata Nasional khususnya di kabupaten Manggarai Barat  yaitu taman Nasional Komodo diLabuan Bajo.


Pembangunan pariwisata dilandasi dengan berbagai aspek politik, kemajuan suatu daerah  tergantung  bagaimana perkembangan pariwisata. Kehadiran pariwisata menimbulkan  persaingan yang ketat dalam bidang pariwisata itu sendiri.


Hal ini  dituntut agar   anak muda mampu melihat  peluang dan  menciptakan kreativitas yang  yang berinovatif, sehingga  dapat mengeksplotasikan sumber daya alam SDA). Sumber daya alam merupakan  sebuah prodak atau hasil dari bumi itu sendiri  sehingga menjadi faktor pendukung untuk   menjadi  paket wisata.


Kehadiran pariwisata  memberikan dua dampak  yaitu  dampak negatif dan dampak positif. dampak negatif seperti  mempengaruhi budaya lokal karena kedatangan budaya  asing, mengakibatkan  lingkungan kotor, dampak positif seperti  menambah wawasan masyarakat khususnya di bidang bahasa Inggris, dan menambah  lapangan kerja.


Potensi pariwisata di Indonesia cukup banyak dan beragam. Salah satu potensi pariwisata yang sudah terkenal di Kabupaten Manggarai Barat provinsi Nusa Tenggara Timur  adalah  Taman Nasional Komodo di Labuan Bajo sebagai pusat perhatian dari wisawatan Nusantara dan wisatawan mancanegara karena destinasi super prioritas yang sedang dikembangkan di Indonesia. 


Destinasi ini merupakan gerbang menuju Taman Nasional Komodo yang menyimpan sejuta keindahan alam yang menakjubkan dan hewan purba yang mendunia, mulai dari hewan komodo di pulau Rinca dan pulau komodo,deretan pulau-pulau, karangan hayati dibawah laut, hingga pantai-pantai dengan pesonanya masing-masing.


Oleh: Tresensia Sulastika Hibur

(Mahasiswa UNIKA St. Paulus Ruteng Prodi PGSD)

RECENT POSTS