,

Iklan

Iklan

Menjaga Kesehatan Lingkungan

@SerikatNasional
29 Mei 2022, 07:02 WIB Last Updated 2022-05-29T00:02:37Z

 


Menjaga  Kesehatan Lingkungan  merupakan suatu kewajiban bagi setiap individu, selain merupakan anugerah yang diberikan oleh pencipta kepada hamba-Nya, Kesehatan Lingkungan harus tetap dijaga agar keluarga kita terhindar dari penyakit. Karena kesehatan tidak ternilai harganya. Kadang-kadang saat kita sehat, kita akan lupa nikmat tersebut dan ketika kita baru sadar dan merasakan betapa berharganya kesehatan itu.


Tubuh yang sehat dapat diperoleh dari berolahraga secara teratur, mengkomsumsi makanan bergizi dan lingkungan yang sehat serta bersih. Lingkungan yang sehat sering tidak kita perhatikan karena kesibukan dalam bekerja sehingga lingkungan sekitar tidak dijaga kebersihannya. Akibat dari lingkungan yang tidak sehat dapat menimbulkan berbagai macam penyakit, salah satu yang mengkhawatirkan adalah deman berdarah (DBD) karena dapat menyebabkan kematian.


Kebersihan lingkungan merupakan keadaan bebas dari kotoran, termasuk di dalamnya, debu, sampah dan bau. Di Indonesia, masalah kebersihan selalu menjadi tujuan dan masalah yang berkembang. Kasus-kasus yang menyangkut masalah kebersihan lingkungan setiap tahunnya terus meningkat.


Kita harus tahu tentang manfaat menjaga kebersihan lingkungan, karena menjaga kebersihan lingkungan berguna untuk kita semua karena dapat menciptakan kehidupan yang aman, bersih, sejuk dan sehat.


Manfaat menjaga kebersihan lingkungan antara lain:


1. Terhindar dari penyakit yang disebabkan lingkungan yang tidak sehat


2. Lingkungan menjadi lebih sejuk


3. Bebas dari polusi udara


4. Air menjadi lebih bersih dan aman untuk minum


5. Lebih tenang dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.


Masih banyak lagi manfaat menjaga kebersihan lingkungan, maka dari itu kita harus menyadari pentingnya kebersihan mulai dari rumah kita sendiri misalnya rajin menyapu halaman rumah, rajin membersihkan selokan rumah kita, membuang sampah pada tempatnya. Lingkungan lebih baik jika semua orang sadar dan bertanggung jawab akan kebersihan lingkungan, karena hal itu harus ditanamkan sejak dini.


Dari semua cara di atas tidak akan terlaksana bila kesadaran setiap orang akan pentingnya kesehatannya kurang. Jangan sampai kita disadarkan setelah penyakit yang menyerang kita, melihat anak terbujur kaku di rumah sakit. “Mulai dari diri sendiri” adalah semboyan yang harus ditanamkan oleh semua orang dalam upaya menjaga lingkungan. 


Dengan kebiasaan menjaga lingkungan secara disiplin maka akan menjadikan karakter yang kuat untuk kita, lebih jauhnya membudaya setiap orang di negeri ini dalam memperlakukan lingkungan supaya selalu sehat. Maka sangat penting kita untuk mewujudkan lingkungan yang sehat sehingga kita semua terbebas dari penyakit. 


Dalam keadaan yang sehat kita akan siap mengahadapi dan mengimbangi era globalisasi yang sangat pesat ini. Faktor kesehatan akan sangat berperan penting dalam menghadapi kemajuan zaman sehingga kita dapat mewujudkan impian kita di masa depan.


Motivasinya adalah:


 1. Tempat yang bersih adalah tempat yang aman


2. Bersihkan halaman sendiri sebelum meminta orang lain untuk membersikan halaman mereka.


Oleh: Oktaviani Natalia Putri

RECENT POSTS