,

Iklan

Iklan

Telan Ratusan Juta Rupiah, Pembangunan JUT Desa Sumbersari Megaluh Belum Genap Setahun Sudah Banyak Kerusakan

SerikatNasional
1 Mar 2022, 16:41 WIB Last Updated 2022-03-01T15:48:52Z


JOMBANG - Kondisi fisik pada pembangunan Jalan Usaha Tani (JUT) Dusun Sumbersari Desa Sumbersari Kecamatan Megaluh Kabupaten Jombang sangat memprihatinkan sekali, belum genap setahun sudah banyak sekali kerusakannya.



Dalam pantauan awak media ini saat tinjau lokasi pekerjaan, Senin (28/02/2022), kondisi Cor beton jalan tersebut sudah menunjukkan tingkat kerusakan, mulai dari retak tembus dan pecah - pecah pada beberapa titik yang menuju ke makam Desa itu.





Dari keterangan papan dan prasasti proyek telah disebutkan, bahwa nilai anggaran yang dialokasikan untuk pekerjaan JUT itu sebesar Rp 142.430.000 (seratus empat puluh dua juta empat ratus tiga puluh ribu rupiah) dengan volume pekerjaan 300m x 2.00m x 0,20m bersumber dari Dana Desa (DD) tahun 2021 dan dikerjakan oleh TPK Desa Sumbersari.



Atas penjelasan dari Narasumber yang tidak jauh dari lokasi pekerjaan JUT itu, saat dimintai keterangan seputar pekerjaan tersebut, dan mengatakan kepada awak media. Senin (28/02/2022).



"Kondisi tanah didaerah sini memang gerak, tetapi kalau sistem pengerjaannya Jalan cor yang menuju makam seperti itu, saya yakin tidak berumur lama" tutur narasumber sembari mewanti - wanti pada media, agar namanya tidak dipublikasikan.





"Sudah nampak sekali kerusakannya Jalan cor itu, belum genap setahun dari selesainya pekerjaan sudah pecah dan brodol (mengelupas)" ucapnya.



Saat disinggung terkait dugaan tidak sesuai bestek pada pekerjaan JUT tersebut dan juga menelan anggaran tidak sedikit, hampir ratusan juta rupiah dari uang rakyat / uang negara.



"Biaya yang dihabiskan untuk membangun Jalan cor itu tidak sedikit, ratusan juta rupiah, uang rakyat juga yang dibuat bangun itu, tapi pihak Pemdes terkesan asal bangun saja, pemanfaatan jalan itu belum sepenuhnya digunakan sudah banyak kerusakan" ujarnya sambil garuk kening.



Untuk menggali keterangan atas kejanggalan pada kondisi fisik JUT tersebut, awak media mencoba mengkonfirmasi kepada Kades Sumbersari Via WhatsApp, tetapi informasi yang diperoleh dari Kades hanyalah jawaban sederhana saja. Selasa (01/03/2022).



"iya Mas pripun, (iya Mas bagaimana)" ucap Kades Sumbersari secara singkat.



Saat disinggung, sudah berapa bulan pengerjaan jalan usaha tani (JUT) itu selesai dikerjakan?. Dan kondisi fisik yang banyak titik yang rusak.



"Ya nanti ada masa perawatan mas, dan terlebih lagi kondisi tanahnya" jelasnya.





Keterangan yang dihimpun oleh awak media sampai saat ini belum ada titik terang dari Pemdes Sumbersari, terkait kondisi fisik JUT yang sudah rusak meskipun belum ada setahun pengerjaannya, mutu beton layak dipertanyakan.



Sampai sekarang pembangunan JUT itu masih misterius dan layak untuk disoroti Publik, dan sampai berita ini diunggah, awak media terus berupaya menggali keterangan secara detail pada paket pekerjaan JUT itu. (hdk).

RECENT POSTS